Saturday 12 January 2013

Spesies Baru Katak "Terbang" Berhasil Ditemukan

Mr,PHP - Peneliti asal Australia mengungkapkan berhasil menemukan sebuah temuan yang sangat mengejutkan , Mereka berhasil menemukan katak yang mampu melompat hingga puluhan mil dari salah satu kota besar di Asia Tenggara. Jodi Rowley dan timnya melakukan penelitian terhadap hewan amfibi di antara dua petak hutan dataran rendah. Hutan ini berada di tengah kawasan pertanian, yang berjarak 56 mil (90 kilometer) dari wilayah Ho Chi Minh City.

Rowley mengatakan, timnya menemukan katak terbang besar hijau yang berada di sisi jalan setapak. Dinamakan katak terbang, bukan berarti katak ini memiliki sayap, namun hewan tersebut mempunyai kemampuan lompatan kuat sehingga bisa berpindah tempat dalam jarak kurang dari 60 mil.

"Untuk menemukan spesies katak yang sebelumnya tidak diketahui, saya biasanya harus naik ke pegunungan terjal," terang Rowley, seorang ahli biologi dari Australian Museum. Ia menjelaskan, selain mencari katak ke pegunungan terjal, dia juga mencari katak di sekitar air terjun serta menelusuri hutan hujan lebat dan berduri.

Katak ini memiliki ukuran panjang tubuh 4 inci (10 sentimeter). Katak hijau ini memiliki warna putih di bagian perutnya dan meluncur dari puncak pohon ke pohon lain. Hewan ini hanya turun untuk berkembangbiak di kolam untuk sementara waktu, di mana kolam tersebut muncul akibat air hujan.

Meskipun ditemukan pada 2009, namun katak ini telah diidentifikasi secara pasti sebagai spesies katak baru. Nama katak tersebut dinamakan Tree Frog (Rhacophorus helenae), yang diambil dari nama ibu kandung Rowley (Helen)

Suka Dengan Artikel Ini ?

0 komentar "Spesies Baru Katak "Terbang" Berhasil Ditemukan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

 
 
Copyright © 2013. Mister PHP - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger