Wednesday, 2 January 2013

Satelit NASA Rekam Badai "Ganas" di Saturnus


Mr.PHP - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru-baru ini mengungkapkan hasil foto sistem badai Saturnus. Satelit NASA Cassini telah menangkap pemandangan planet Saturnus dari jarak 441.028 mil (709.766 kilometer).

Jarak 709.766 kilometer, merupakan jarak hampir dua kali lipat antara Bumi dan Bulan. Foto hitam-putih ini ditangkap oleh kamera wide-angle filter merah CB2.

Foto yang diambil kamera satelit Cassini ini merupakan mode close-up yang juga bisa menampilkan badai "ganas" dengan sistem pusaran dan panjang gelombang 751 nm. Selain itu, foto tersebut juga menampilkan variasi tampilan objek di awan bagian atas atau atmosfer Saturnus.

Wikipedia menerangkan,bahwa planet Saturnus merupakan salah satu planet di sistem Tata Surya yang dikenal sebagai planet bercincin. Planet ini juga merupakan planet terbesar setelah Jupiter.

Saturnus dapat berotasi dalam waktu yang singkat, yakni antara 10 jam 40 menit 24 detik. Saturnus memiliki kerapatan yang rendah, karena sebagian besar zat penyusunnya berupa gas dan cairan.

Inti Saturnus terdiri atas batuan padat dengan atmosfer tersusun dari gas amonia dan metana. Dengan kandungan tersebut, planet terbesar keenam dari Matahari ini tidak memungkinkan adanya kehidupan.


Suka Dengan Artikel Ini ?

2 comments:

 
 
Copyright © 2013. Mister PHP - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger