Monday 14 January 2013

Kreator RSS Gantung Diri, Keluarga Salahkan Sistem Peradilan

Aaron Swartz
Mr.PHP - Pihak keluarga menyayangkan keputusan gantung diri yang dilakukan oleh salah satu kreator Rich Site Summary (RSS) dan situs Reddit. Mereka menganggap, sistem dari pengadilan menjadi faktor pemicu Aaron Swartz untuk mengakhiri hidupnya.

"Kematian Swartz merupakan produk dari sistem peradilan pidana yang dipenuhi dengan intimidasi serta jaksa penuntut yang melampaui batas," sesal pihak keluarga.

Pihak keluarga juga menyatakan bahwa Massachusetts Institute of Technology (MIT) memiliki kontribusi terhadap tewasnya Swartz. Demikian dilansir dari Neowin, Senin (14/1/2013).

"Kantor Jaksa AS meminta tuntutan kurungan 30 tahun penjara untuk menghukum sebuah kejahatan yang tidak ada korban. Sementara itu, Journal Storage (JSTOR) dan MIT tidak berada di posisi Aaron," sebutnya.

Diketahui, pria yang tewas dalam usia 26 tahun itu dituduh mencuri lima juta artikel dari arsip komputer MIT. Selain itu, ia juga diberondong 13 tuduhan kejahatan, termasuk melakukan kercurangan melalui komputer dan memperoleh informasi seacra tidak sah dari komputer yang "rahasia."

Sementara itu, pasca berpulangnya Swartz, komunitas internet pun merilis sejumlah karya ilmiah karyanya dan mengicau dengan tagar #pdftribute. JSTOR menyesali kepergian Swartz dengan turut bergabung ke aksi tersebut dan menyatakan merasa kehilangan atas kepergian yang cukup tragis ini.

JSTOR menambahkan pahwa Swartz telah mengembalikan berkas yang diambil dari situ penyimpanan jurnalnya dan melunasi seluruh klaim yang dituduhkan.

Suka Dengan Artikel Ini ?

0 komentar "Kreator RSS Gantung Diri, Keluarga Salahkan Sistem Peradilan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

 
 
Copyright © 2013. Mister PHP - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger