Saturday 12 January 2013

Ilmuwan Mampu Modifikasi DNA Melalui Bakteri

Mr.PHP - Kemajuan Ilmu Pengetahuan mendukung para ilmuwan untuk mengubah DNA manusia menggunakan mikroorganisme . Temuan ini tidak menutup kemungkinan bahwa manusia masa depan, bisa memiliki kemampuan "luar biasa" terkait sistem daya tahan tubuh maupun penyembuhan di bidang kedokteran.

Perkembangan dalam bidang ilmu komputer, turut berinovasi dalam bidang teknologi di hampir setiap ilmu pengetahuan. Kemajuan teknologi ini pada akhirnya mampu mendukung para peneliti untuk melakukan terobosan-terobosan baru, termasuk dalam bidang biologi serta kesehatan.

Mekanisme yang digunakan, terkait dengan sistem pertahanan bakterial yang menggunakan enzim untuk membuat perubahan pada sel DNA. Peneliti kemudian memprogram kembali enzim ini dan melakukan pengujian pada DNA mamalia.

Peneliti membandingkan sistem bakterial bernama CRISPR, dan secara acak memasukan gen yang telah dimodifikasi. Peneliti menemukan bahwa sistem bakterial menunjukkan hasil yang lebih baik secara signifikan.

Meskipun ini masih diaplikasikan dalam kapasitas yang terbatas. Namun, ini merupakan langkah penting dalam memanfaatkan kemampuan untuk mengubah DNA.

Website Ars Technica yang melaporkan temuan ini mengatakan, temuan ini bisa bermanfaat untuk mendukung studi mutasi pada gen dengan struktur protein lebih alami. Tentu saja ini masih menjadi penelitian jangka panjang, yang diharapkan dapat digunakan untuk pengobatan pada gangguan genetik. 

Suka Dengan Artikel Ini ?

0 komentar "Ilmuwan Mampu Modifikasi DNA Melalui Bakteri", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

 
 
Copyright © 2013. Mister PHP - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger