Friday 4 January 2013

Disayangkan Jika Terjadi Penghapusan Bahasa Jawa

Mr.PHP - Wacana penghapusan Bahasa Jawa dan bahasa lokal lainnya dalam kurikulum sekolah pada 2013 ini, memicu keprihatinan banyak pihak. Salah satunya datang dari sastrawan Kota Keretek, Jumari HS, Jumat (4/1/2013).

''Kalau Bahasa Jawa dan bahasa lokal lain dihilangkan, maka akan terjadi distorsi terutama di kalangan generasi muda. Linguistik bahasa lokal ini sangat memengaruhi pola pergaulan di masyarakat,'' ujarnya.

Lebih dari itu, Jumari menilai, bahwa penghapusan bahasa lokal dalam kurikulum sekolah, ini menciderai semangat penghargaan atas keberagaman yang dibangun oleh para pendiri bangsa sejak awal.
 
''Penghapusan Bahasa Jawa dan bahasa lokal di sekolah ini sungguh hal yang sangat ironis. Ini mengingkari ke-Bhinneka-an dan Pancasila yang dibangun oleh pendiri bangsa ini,'' tegasnya.
 
Untuk itu, dia sangat berharap bahasa-bahasa lokal, tak terkecuali Bahasa Jawa, tidak akan dihilangkan di kurikulum sekolah. ''Perbedaan dan keberagaman baik bahasa, suku, dan lain sebagainya yang ada di Indonesia adalah kekayaan yang luar biasa, sehingga harus dijaga agar tidak hilang,'' ungkapnya. 

Sumber 

Suka Dengan Artikel Ini ?

0 komentar "Disayangkan Jika Terjadi Penghapusan Bahasa Jawa", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

 
 
Copyright © 2013. Mister PHP - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger