Thursday 27 December 2012

Cara Melepas Stress Dalam Satu Jam

Mr.PHP -Apakah kesibukan yang Anda jalani sekarang seringkali membuat Anda stress? Tenang saja, ada beberapa cara yang bisa Anda praktekkan untuk dapat melepas atau menghilangkan stress yang sedang dialami, dalam kurung waktu satu jam. 

Para ilmuwan asal Australia dan Inggris, menemukan fakta bahwa mengunyah permen karet dapat membantu meredakan kegugupan, dan menekan hormon stress. "Mengunyah dapat meningkatkan peredaran darah ke otak, sehingga membuat Anda lebih waspada dan terkendali," tutur Andrew Scholet, PhD. 
  •  Cara 10 menit Jika ingin mengurangi stress hanya dalam 10 menit saja, kunyahlah permen karet.
  • Cara 12 menit Bila teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan, berbeda lagi dengan teh hitam yang ampuh membantu mengatasi stress. Sebuah penelitian dilakukan oleh Universitas London, dan ditemukan bahwa antioksidan yang dikandung teh hitam dapat membantu melepas stress.
  • Cara 15 menit The International Journal of Neuroscience melaporkan bahwa 15 menit massage secara rutin, dua kali seminggu juga dapat meredakan dan mengatasi stress. Syaraf-syaraf pada tubuh akan mengendor dan tidak tegang, sehingga rasa rileks bisa didapatkan. "Seperti misalnya menggenggam bola tenis di telapak tangan, pijatan sederhana ini juga akan memancing respon nyaman," ungkap Tiffany Field, PhD. 
  • Cara 20 menit Dalam waktu 20 menit, ungkapkan semua uneg-uneg Anda pada secarik kertas. Entah itu menulis cerita, entah menggambar atau sekedar mencoret-coret mengikuti perasaan. Dikatakan bahwa, mencurahkan perasaan lewat tulisan, sedikitnya dapat memindahkan beban yang ada di dalam hati dan pikiran. 
  • Cara 30 menit Mereka yang gemar mendengarkan lagu, memiliki tingkat stress yang  jauh lebih rendah. Musik dapat membantu meningkatkan hormon endorfin di dalam tubuh, sehingga sangat efektif sebagai relaksasi. 
  • Cara 45 menit Jauhkan gadget apapun yang Anda punya selama 45 menit, dan Anda akan lebih rileks. Tekanan yang Anda dapatkan melalui media gadget jauh lebih besar ketimbang saat ditemui secara langsung. Terutama Anda pekerja di belakang meja, jika Anda merasa stress menyerang dan tak tertahankan, tinggalkan meja dan rilekskan tubuh Anda. 
  • Cara 60 menit Membersihkan rumah setidaknya 60 menit lamanya ternyata bukan hal yang patut diremehkan. Justru pekerjaan semacam ini membantu tubuh lebih rileks. Rasa capek akan mendorong Anda untuk beristirahat lebih cepat. Dan sebenarnya istirahat cukuplah yang memang dibutuhkan oleh tubuh saat sedang stress. Selamat mencoba.

Suka Dengan Artikel Ini ?

2 comments:

 
 
Copyright © 2013. Mister PHP - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger