Wednesday 9 January 2013

Teleskop NASA Temukan Ratusan Planet Baru

Mr.PHP - Teleskop luar angkasa Kepler milik NASA , mengklaim berhasil menemukan ratusan planet baru. Namun Ilmuwan masih meneliti apakah planet-planet tersebut memungkinkan untuk mendukung kehidupan ,
teleskop luar angkasa Kepler menemukan 461 planet potensial baru. Temuan ini sekaligus menunjukkan total sekitar 2.740 kandidat dunia baru, di mana 105 planet telah dikonfirmasi oleh para peneliti. 

"Dua tahun lalu, kami menemukan 1.200 kandidat planet. Satu tahun kemudian, kami menambahkan jumlah signifikan dari objek baru serta melihat peningktan jumlah planet yang berukuran sangat kecil," tutur astronom Kepler, Christopher Burke.
Dengan bertambahnya 461 kandidat planet baru, yang telah terkumpul selama lebih dari 22 bulan melalui observasi teleskop luar angkasa Kepler, maka diperkirakan ke depannya akan ada banyak planet kecil lain yang berhasil ditemukan. Target barunya adalah KOI-172.02, yang merupakan kandidat planet berukuran 1,5 kali lipat lebih besar dari Bumi.

Kandidat planet ini juga mengelilingi bintang induk dalam orbit 242 hari. Pada jarak antara kandidat planet dengan bintang induk ini, diprediksi dapat ditemukan air yang sangat diperlukan untuk kehidupan.

Selain itu, planet dengan kode nama PH2 b yang berukuran sebesar Jupiter, ditemukan oleh ilmuwan yang berpartisipasi dalam projek Planet Hunters. Planet tersebut kabarnya berada di zona layak huni.

Suka Dengan Artikel Ini ?

0 komentar "Teleskop NASA Temukan Ratusan Planet Baru", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

 
 
Copyright © 2013. Mister PHP - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger