Thursday 10 January 2013

Ilmuwan Dikejutkan Penemuan Planet "Zombie" Raksasa

Mr.PHP - Ilmuwan baru-baru ini dikejutkan dengan penemuan planet "zombie". Planet ini dikenal dengan orbitnya yang tidak beraturan serta mengembara di sekitar bintang.

Dilansir Space, Rabu (9/1/2013), orbit tidak seimbang yang dinamai "planet zombie" dalam sistem planet berdebu, membuat ilmuwan berusaha untuk menjelaskan perilaku exoplanet (planet yang berada di luar sistem Tata Surya).

Observasi baru dari planet bernama Fomalhaut b oleh teleskop luar angkasa Hubble, mengungkap sebuah orbit yang aneh. Orbit ini dikatakan memiliki ekstrem liar antara titik yang terdekat dan terjauh dari bintang induknya.

Tampaknya, planet asing ini melintasi ladang ranjau besar dari puing-puing berdebu. "Kami sangat terkejut. Ini bukan apa yang kami harapkan," ujar astronom dari University of California, Paul Kalas.

Fomalhaut b merupakan planet "alien" raksasa yang memiliki hampir tika kali lipat massa Jupiter. Ini merupakan planet asing pertama yang tertangkap dalam cahaya yang membuatnya jelas terlihat.

Kabarnya, planet ini mengorbit bintang Fomalhaut yang diselimuti dengan debu dan berlokasi sekira 25 tahun cahaya jauhnya di konstelasi Piscis Austrinus. Pada Oktober, ilmuwan menjuluki "planet zombie", karena objek luar angkasa ini muncul lagi setelah ditemukan pertama kali di 2008 .


Suka Dengan Artikel Ini ?

1 comment:

  1. Wah, Mantap Nih Artikelnya !! Thank's ya mas atas informasi yang telah anda berikan

    #Blogwalking Dari Ghalis4rt : http://ghalis4rt.blogspot.com/

    ReplyDelete

 
 
Copyright © 2013. Mister PHP - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger